RSS Subscribe

Welcome To My Blog

Sabtu, 03 November 2012

Saya dan Media Sosial


Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Begitupun dengan saya, saya tak lepas dari media sosial yang disebutkan diatas. Media bagi saya sangatlah berarti. Tanpa media saya susah untuk berinteraksi ataupun mencari data. Media sosial sangatlah mempengaruhi hidup dan kemajuan pikiran saya.  Saya lebih dominan terhadap bentuk media jejaring sosial seperti facebook. Namun untuk mencari informasi, saya lebih dominan untuk browsing dan blogger. Mengakses media sosial seperti Facebook sudah menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihentikan. Meskipun harus kewarnet terkadang itu dilakukan hanya untuk membuka Facebook saja. Apalagi ketika mempunyai akses yang mendukung seperti mempunyai Laptop dan Modem, mengakses media sosial lebih sering dilakukan.

Media sosial mulai saya rambah ketika masih kelas 2 SMA. Waktu itu belum ada yang namanya modem sehingga ketika ingin mengakses media sosial saya harus pergi ke warnet. Mulai saat itulah saya sangat tertarik dan sering pergi ke warnet hanya untuk mengakses media sosial tersebut.

Sekarang ini, pengguna media sosial seperti jejaring sosial Facebook dan Twitter sudah sangat banyak. Banyak dari mereka menjadikan hal itu sebgai salah satu kebutuhan pokok mereka. Memang harus saya diakui bahwa media sosial seperti Facebook dan Twitter sangatlah banyak manfaatnya. Selain asyik untuk merefresh otak, Facebook dan Twitter juga melancarkan komunikasi kita dengan teman kita yang berada jauh dari kita. Namun tak hanya ada manfaatnya, media sosial ini juga tentu ada efek atau kerugian bagi penggunanya. Namun menurut saya, efek atau kerugian dari penggunaan media sosial ini tergantung orang yang memakainya. Ada yang merasa sebuah situs atau artikel dalam media sosial sangat berbahaya untuk dikonsumsi, namun tidak untuk orang lain yang memang membutuhkan informasi tersebut.

Media sosial bagi saya sangat berarti dalam penambahan wawasan. Jujur saja, untuk urusan tugas kuliah saya lebih dominan mencari bahan dari media sosial seperti Google dan Blog. Bagi yang sudah sering memakai media sosial sebagai alat untuk berinteraksi, media sosial akan menjadi salah satu kebutuhan pokoknya. Coba kita bayangkan jika tanpa adanya media sosial dalam kehidupan sehari-hari kita, tentunya akan terasa hambar dan seperti ada yang kurang dalam kehidupan sehari-hari kita. Seorang pengguna Facebook yang sering membuka Facebook setiap hari, ia akan sangat merasa tidak nyaman dengan hal itu. Namun berbeda dengan orang yang tidak sering mengakses jejaring sosial Facebook. Ia akan merasa biasa saja ketika 2-3 hari ia tidak membuka Facebooknya.

Jadi menurut saya, penting atau tidaknya media sosial itu tergantung orang yang menggunakan dan memanfaatkannya. Tapi untuk saya, media sosial itu sangat penting.. :)

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Komentar Disini